Geografi Awal Wilayah Indonesia

Peradaban Awal Wilayah Indonesia

Indonesia terletak dipersimpangan 3 lempeng benua, ketigannya bertemu dan menciptakan tekanan sangat besar pada lapisan kulit bumi. Akibat dari lapisan kulit bumi yang terdesak ke atas tersebut, terbentuklah paparan-paparan luas dan pegunungan yang begitu tinggi.

Oleh sebab itu, wilayah Indonesia sangat rentan terhadap gempa bumi yang berskala besar serta rawan terjadinya letusan gunung berapi besar dan kedua hal tersebut dapat membuat kerusakan parah.

Keberadaan wilayah Indonesia tidak dapat dilepaskan dari rangkaian peristiwa alam yang telah terjadi sejak zaman dahulu kala. Dinamika sejarah yang telah bermula sejak manusia ada, apabila di runtut hingga kini, kita akan menemukan betapa kesinambungan sejarah tidak mudah terputus betapa pun segala macam perubahan telah terjadi.

Manusia purba tidak mengenali tulisan dalam kebudayaannya. Periode kehidupan ini disebut dengan zaman praaksara. Masa praaksara telah berlangsung lebih lama dari zaman setelah manusia mengenal tulisan. Oleh karena itu, untuk mengenali manusia pada zaman praaksara kita perlu mengenali tahapan-tahapannya.