Manfaat Minum Susu Hangat Sebelum Tidur

Manfaat Minum Susu Hangat Sebelum Tidur

Minum susu hangat atau teh kamomil (chamomile) sebelum tidur ternyata banyak memiliki manfaat bagi kualitas tidur kita yang dapat memberikan efek baik bagi kesehatan tubuh. Terutama bagi orang yang memiliki masalah tidur dianjurkan minum susu hangat atau teh kamomil (chamomile) sebelum tidur, hal tersebut dikatakan oleh Charlene Gamaldo, M.D., direktur medis Johns Hopkins Center for Sleep di Rumah Sakit Umum Howard County, Amerika Serikat.

Meski belum banyak bukti ilmiah mengenai keampuhan minuman di atas untuk meningkatkan kualitas tidur, tapi menurut Charlene bilang tak ada salahnya untuk dicoba. Ia memberikan minuman tersebut kepada pasien yang menginginkan terapi tanpa efek sampig atau interaksi obat-obatan.

“Susu hangat telah lama diyakini berhubungan dengan kimia yang bisa menstimulasi efek triptofan di otak. Triptofan merupakan bahan pembangun serotonin, yang terlibat dalam transisi tidur-bangun,” kata Charlene.

Selain susu, teh kamomil juga memiliki kandungan flavonoid yang dapat berinteraksi dengan reseptor benzodiazepine di otak, yang juga terlibat dalam transisi tidur-bangun. Tidak seperti teh hijau atau Earl Grey, teh kamomil tak memiliki kandungan kafein.