Situs Manusia Purba Sangiran

Mengenal Manusia Purba

Sangiran merupakan sebuah kompleks situs manusia purbadari kala Pleistosen yang paling lengkap dan paling penting di Indonesia bahkan Asia. Lokasi tersebut merupakan pusat perkembangan manusia dunia yang memberikan petunjuk tentang keberadaan manusia sejak 150 ribu tahun lalu. Situs ini memiliki luas delapan 8km pada arah utara-selatan dan 7km arah timur-barat.

Kini Situs tersebut telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia, dan tentu ini sangat membanggakan Indonesia. Sangiran telah menjadi sentra kehidupan manusia purba. Berbagai penelitian dilakukan juga disekitar sangiran. Beberapa penemuan fosil di Sangiran telah mendorong para ahli untuk terus melakukan penelitian termasuk di luar Sangiran.

Dari Sangiran kita mengenal beberapa jenis manusia purba di Indonesia. Dan setelah ditetapkan sebagai warisan dunia, selain dijadikan sebagai tempat wisata, Situs Manusia Purba Sangiran dikembangkan menjadi pusat penelitian baik dalm negeri maupun luar negeri. Selain itu Sangiran juga telah memberikan banyak manfaat bagi masyarakat disekitarnya terkait pariwisatanya.