Sedikit Tentang Geografi Indonesia

Sedikit Tentang Geografi Indonesia

Di seluruh wilayah Indonesia berlangsung kegiatan tektonis, gunung api aktif serta rangkaian perbukitan struktural tersebar disepanjang bagian barat Pulau Sumatera hingga ke sepanjang Pulau Jawa ke arah timur, Kepulauan Nusa Tenggara serta Kepulauan Banda dan membentang ke sepanjang Sulawesi Selatan dan Utara.

Pembentukan daratan yang semakin luas telah membentuk Kepulauan Indonesia pada kedudukannya seperti sekarang ini. Hal tersebut berlangsung sejak kala Pliosen hingga awal Pleistosen atau 1,8 juta tahun lalu. Jadi pulau-pulau dikawasan Kepulauan Indonesia ini masih terus bergerak secara dinamis, sehingga tidak heran jika masih sering terjadi gempa, baik vulkanis maupun tektonis.

Letak Kepulauan Indonesia yang berada pada deretan gunung api membuatnya menjadi daerah dengan tingkat keanekaragaman flora dan fauna yang tergolong tinggi. Kekayaan alam dan kondisi geografis ini telah mendorong lahirnya penelitian dari bangsa-bangsa lain. Dari sekian banyak penelitian terhadap flora dan fauna tersebut yang paling dikenal diantaranya ialah peneliti Alfred Russel Wallace yang membegi Indonesia dalam dua wilayah yang berbeda berdasarkan ciri khusus baik flora maupun faunanya. Pembagian itu adalah paparan sahul disebelah timur dan paparan sunda di sebelah barat.

Zona diantara paparan tersebut kemudian dikenal sebagai wilayah Wallacea yang merupakan pembatas fauna yang membentang dari selat lombok hingga selat makassar ke arah utara. Fauna-fauna yang berada di sebelah barat garis pembatas itu disebut dengan Indo-Malayan region. Di sebelah timur disebut dengan Australia Malayan Region. Garis itulah yang kemudian kita kenal dengan Garis Wallacea.